Pages

Kamis, 10 Januari 2013

Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita

Image Source : www.foredishop.blogspot.com
Bagi wanita, keputihan sangatlah mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Bahkan, keputihan bisa menimbulkan konflik dalam rumah tangga. Karena keputihan menyebabkan ketidaknyaman dalam hubungan suami istri. Keputihan juga bisa menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri seorang wanita yang diakibatkan oleh efek yang ditimbulkan dari keputihan itu sendiri. 
Karena itulah, berbagai cara dilakukan untuk mengobati dan mencegah keputihan. Berikut ini ada beberapa tips yang mudah untuk dilakukan dalam mencegah keputihan pada wanita :
  1. Selalu mengeringkan organ kewanitaan setelah membasuhnya dengan air ketika buang air kecil atau besar. Jangan terbiasa membiarkan organ kewanitaan dalam keadaan lembab. Karena keadaan lembab akan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur yang menimbulkan keputihan.
  2. Gunakan cairan pembersih untuk membersihkan organ kewanitaan yang mempunyai pH seimbang. Artinya, pH cairan pembersih sesuai dengan pH organ kewanitaan. Karena pH yang tidak seimbang akan memicu tumbuhnya bakteri jahat penyebab keputihan.
  3. Gantilah pakaian dalam minimal 2 kali sehari dengan pakaian dalam yang bersih dan kering.
  4. Bersihkan dan keringkan organ kewanitaan setelah melakukan hubungan seksual.
  5. Jangan menggunakan bedak hanya untuk membuat organ kewanitaan lebih wangi. Karena tumpukan bedak akan menjadi "lahan" tumbuhnya bakteri jahat penyebab keputihan.
  6. Perhatikan penggunaan Panty Liner dan Pembalut Wanita saat haid. Jangan terlalu sering memakai panty liner, karena panty liner dapat menyumbat pertukaran udara organ kewanitaan. Akibatnya, organ kewanitaan menjadi lembab dan bisa memicu tumbuhnya bakteri penyebab keputihan. Begitupun dengan pemakaian pembalut wanita saat haid. Gantilah pembalut minimal 3 kali sehari atau kalau pembalut terasa sudah penuh. Hal ini untuk mencegah bau tidak sedap dan menumpuknya kotoran pada daerah kewanitaan.
  7. Keringkan organ kewanitaan dengan kain bersih atau tisu kering yang tidak beraroma (non-parfumed). Karena aroma wewangian yang menyengat juga dapat memicu keputihan.
  8. Hindari pemakaian celana jeans yang ketat.
  9. Perhatikan asupan makanan/minuman dan program diet Anda. Karena, program diet yang salah juga bisa menyebabkan keputihan.
  10. Perhatikan pemakaian Alat Kontrasepsi. Karena, pemakaian alat kontrasepsi yang tidak cocok dapat menimbulkan keputihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar